Halaman

Minggu, 29 April 2012

PROPOSAL PENAWARAN TAZAKA EDU TOYS


PROPOSAL PENAWARAN
TAZAKA EDU TOYS

I.    PENDAHULUAN
Permainan edukatif yaitu suatu kegiatan yang sangat menyenangkan dan dapat merupakan cara atau alat pendidikan yang bersifat mendidik dan bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan berbahasa, berpikir serta bergaul dengan lingkungan atau untuk menguatkan dan menterampilkan anggota badan si anak, mengembangkan kepribadian, mendekatkan hubungan antara pengasuh dengan pendidik (anak didik), kemudian menyalurkan kegiatan anak didik dan sebagainya.

Permainan edukatif  juga dapat berarti sebuah bentuk kegiatan yang dilakukan untuk memperoleh kesenangan atau kepuasan dari cara atau alat pendidikan yang digunakan dalam kegiatan bermain, yang disadari atau tidak memiliki muatan pendidikan yang dapat bermanfaat dalam mengembangkan diri secara seutuhnya.


Artinya, permainan edukatif merupakan sebuah bentuk kegiatan yang dilakukan dengan menggunakan cara atau alat permainan yang bersifat mendidik. Ringkasnya, permainan edukatif adalah permainan yang bersifat mendidik.

Dunia anak adalah dunia bermain, melalui bermain anak memperoleh pelajaran yang mengandung aspek perkembangan kognitif, sosial, emosi dan perkembangan fisik. Melalui kegiatan bermain dengan berbagai permainan anak dirangsang untuk berkembang secara umum baik perkembangan berpikir, emosi maupun sosial.

Perkembangan anak dalam belajar dipengaruhi pada usia 3 – 5 tahun dimana usia ini anak mudah menyerap segala informasi yang ada di sekitarnya. Belajar pada masa awal dalam pendidikan formal didapatkan di TK atau Taman Kanak –kanak. TK adalah tempat anak belajar, anak berkembang lewat permainan. Di TK anak diajarkan mengenal aturan, disiplin, tanggung jawab dan kemandirian dengan cara bermain. Di TK anak juga belajar menyesuaikan diri dengan lingkungannya.

Belajar dapat membawa berbagai perubahan antara lain dalam hal perilaku, aktual dan potensial yang dapat membawa kecakapan oleh karena usaha dalam diri anak. Belajar juga dipengaruhi oleh faktor dari dalam diri anak (introvert) atau dari luar diri anak (extrovert). Setiap pelajaran yang diberikan pada anak 4-5 tahun disesuaikan dengan perkembangan dan kemampuan pada diri anak.



Melalui kegiatan bermain yang mengandung edukasi, daya pikir anak terangsang untuk merangsang perkembangan emosi, perkembangan sosial dan perkembangan fisik. Setiap anak memiliki irama dalam bermain yang berlainan disesuaikan dengan perkembangan anak. Semakin besar fantasi yang bisa dikembangkan oleh anak dari sebuah mainan, akan lebih lama mainan itu menarik baginya.

Bermain dari segi pendidikan adalah permainan yang memberi peluang kepada anak untuk berswakarya, untuk melakukan dan menciptakan sesuatu dari permainan itu dengan tenaganya sendiri. Kegiatan bermain dapat dilakukan di dalam dan di luar. Contohnya bermain di dalam ruangan dan bermain di tanam bermain keduanya mengajak anak untuk mengenal lingkungan sekitarnya.

Permainan edukatif itu penting bagi anak-anak, disebabkan karena:
1.         Permainan edukatif dapat meningkatkan pemahaman terhadap totalitas kediriannya. Artinya dengan bermain sesungguhnya anak sedang mengembangkan kepribadiannya.
2.         Permainan edukatif dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi
3.         Permainan edukatif dapat meningkatkan kemampuan menciptakan hal-hal baru.
4.         Permainan edukatif dapat meningkatkan kemampuan berpikir anak
5.         Permainan edukatif dapat mempertajam perasaan anak
6.         Permainan edukatif dapat memperkuat rasa percaya diri anak
7.         Permainan edukatif dapat merangsang imajinasi anak
8.         Permainan edukatif dapat melatih kemampuan berbahasa anak
9.         Permainan edukatif dapat melatih motorik halus dan motorik kasar anak
10.     Permainan edukatif dapat membentuk moralitas anak
11.     Permainan edukatif dapat melatih keterampilan anak
12.     Permainan edukatif dapat mengembangkan sosialisasi anak
13.     Permainan edukatif dapat membentuk spiritualitas anak

Mengingat demikian pentingnya permainan edukatif, selayaknya orang tua di rumah atau guru di sekolah dapat memilih dan menyediakan alat-alat yang dapat mendukung perkembangan totalitas kepribadian anak, yang menyangkut fisik, intelektual, sosial, moral dan emosional anak.

Dalam memilih dan menentukan alat-alat permainan yang dianggap dapat mendidik tersebut, orang tua dan guru dituntut bijak dalam membelanjakannya, sebab tidak semua alat yang harganya mahal dan dicap "modern" itu bersifat mendidik, bisa jadi hanya akan menanamkan mental instant dan konsumtif kepada anak.
Sumber: Andang Ismail: Education Games, (Yogyakarta: Pilar Media, 2006)



            TAZAKA EDU TOYS adalah usaha yang bergerak di bidang produk mainan anak langsung ke anda baik orangtua maupun guru, karena alat permainan sangat penting untuk membantu perkembangan anak. Penggunaan alat bermain dalam dunia anak akan membantu meningkatkan kemampuan anak dalam keterampilan motorik halus dan kasar; mengembangkan modalitas sensoris melalui warna, tekstur, dalam berbagai ragam alat permainan; melatih problem solving, dan juga melatih kemampuan sosial dan emosional anak. TAZAKA EDU TOYS menyediakan berbagai alat permainan edukatif dengan bahan dasar kain flanel yang dirancang aman bagi anak. Alat permainan yang kami produksi bervariasi sehingga dapat dimanfaatkan untuk menstimulasi aspek kognitif, psikomotorik maupun emosi dan sosial anak sesuai tahap perkembangannya. Konsep Tazaka Edu Toys adalah mengadopsi metode Glann Dolman, sebuah metode mengajarkan pada anak secara menyenangkan melalui permainan, sehingga anak tidak merasa terpaksa belajar, jenuh, bahkan tidak merasa belajar karena pelajaran disusun melalui acara bermain sesuai dunia mereka.

Pendapat Kak Seto tentang metode Glenn Doman (Ketua komnas perlindungan anak )
“Teori metode Glenn Doman sudah banyak diakui yang mampu membuat anak dapat mulai membaca diusia awal karena diberikan pada nuansa yang menyenangkan dan tidak ada unsur paksaan pada nuansa anak bermain, dan saya sudah membuktikan pada anak saya sendiri. Jadi yang paling yang terpenting bukan demi ambisi orang tua tapi justru demi kepentingan terbaik bagi anak  untuk memenuhi hak untuk bertumbuh dan berkembang secara optimal. Melalui metode Glenn Doman yang sudah pernah saya praktekan kan dengan anak saya sendiri itu terbukti pada umur 1 tahun bayi bisa membaca 1 huruf, lalu umur 2 tahun bisa membaca 1 kalimat dan umur 3 tahun sudah  bisa membaca sebuah buku  dengan tulisan atau huruf-huruf yang cukup besar yang mampu dipresepsikan disesuaikan dengan bayi. Dengan hal ini anak-anak akan senang pada buku, mulai mengembangkan minat baca karena sudah menguasai kemampuan membaca sejak awal dengan cara-cara yang sudah tepat melalui metode Glenn Doman“

III. VISI dan MISI
Visi :
‘‘Menjadi usaha yang mampu berkontribusi untuk meningkatkan minat belajar anak dengan cara bermain sehingga dapat menstimulasi aspek kognitif, psikomotorik maupun emosi dan sosial anak sesuai tahap perkembangannya’’
Misi :
Menyediakan Alat Peraga Edukatif dengan bahan flanel yang aman bagi anak sebagai bahan ajar mengenal kosakata anggota keluarga, melatih logika, dan melatih gerak motorik halus.

II.   PRODUK  DAN HARGA
Harga produk, fungsi dan gambar terlampir:
Keterangan : Semua produk Tazaka Edu Toys menggunakan bahan dasar kain Flanel ( Felt ) yang bertekstur lembut dan kaya akan warna serta aman digunakan oleh anak-anak. Bisa dicuci dan dikeringkan, sehingga tidak mudah rusak dan dapat digunakan kembali.

III.      ALUR PEMBELIAN
Setiap pelanggan dapat menikmati layanan kami dengan berbagai macam cara yang akan memudahkan pelanggan dan merasakan layanan prima dari kami untuk mendapatkan produk kami. Alur pembelian produk adalah:
1.      Datang Langsung
Bagi pelanggan sekitar kota Brebes, pelanggan dapat datang langsung toko kami untuk melakukan proses transaksi. Jika Produk memadai pembelian dapat dilakukan langsung, namun jika produk yang diminati kurang dari jumlah yang ingin dibeli, pelanggan bisa memesan nya terlebih dahulu, dengan memberikan DP minimal 10% dari harga produk yang dipesan sampai adanya kesepakatan. Alamat kami di : Jalan Abimanyu Rt 01. Rw 01 No 23 (samping IEC Jatibarang), Jatibarang kidul Brebes
2.      Pemesanan Via Telepon
Pelanggan dapat menghubungi kami melalui pesawat telepon yang kami miliki dengan menyampaikan identitas dan juga pesanan yang akan ditransaksikan beserta tanggal pengambilannya, kemudian untuk memudahkanya, kami akan datang ke tempat atau kantor bapak jika barang yang dipesan dalam jumlah banyak.
Contact Person kami : Bapak Ibnun
                        3          : 08975853711
                        Im3     : 085642885448
                        As       : 085292517159

IV.  PENUTUP
Demikian proposal penarawan ini kami buat. Atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terima kasih. Semoga kita dapat menjalin hubungan kerjasama yang lebih baik disaat ini dan dimasa depan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Order dengan menulis di Koment