PROPOSAL PENAWARAN
TAZAKA EDU TOYS
I. PENDAHULUAN
Permainan edukatif yaitu suatu kegiatan yang sangat
menyenangkan dan dapat merupakan cara atau alat pendidikan yang bersifat
mendidik dan bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan berbahasa, berpikir serta
bergaul dengan lingkungan atau untuk menguatkan dan menterampilkan anggota
badan si anak, mengembangkan kepribadian, mendekatkan hubungan antara pengasuh
dengan pendidik (anak didik), kemudian menyalurkan kegiatan anak didik dan
sebagainya.
Permainan edukatif juga dapat berarti sebuah bentuk kegiatan yang
dilakukan untuk memperoleh kesenangan atau kepuasan dari cara atau alat
pendidikan yang digunakan dalam kegiatan bermain, yang disadari atau tidak
memiliki muatan pendidikan yang dapat bermanfaat dalam mengembangkan diri
secara seutuhnya.
Artinya, permainan edukatif merupakan sebuah bentuk
kegiatan yang dilakukan dengan menggunakan cara atau alat permainan yang
bersifat mendidik. Ringkasnya, permainan edukatif adalah permainan yang
bersifat mendidik.
Dunia anak adalah dunia bermain, melalui bermain
anak memperoleh pelajaran yang mengandung aspek perkembangan kognitif, sosial,
emosi dan perkembangan fisik. Melalui kegiatan bermain dengan berbagai
permainan anak dirangsang untuk berkembang secara umum baik perkembangan berpikir,
emosi maupun sosial.
Perkembangan anak
dalam belajar dipengaruhi pada usia 3 – 5 tahun dimana usia ini anak mudah
menyerap segala informasi yang ada di sekitarnya. Belajar pada masa awal dalam
pendidikan formal didapatkan di TK atau Taman Kanak –kanak. TK adalah tempat
anak belajar, anak berkembang lewat permainan. Di TK anak diajarkan mengenal
aturan, disiplin, tanggung jawab dan kemandirian dengan cara bermain. Di TK
anak juga belajar menyesuaikan diri dengan lingkungannya.
Belajar dapat
membawa berbagai perubahan antara lain dalam hal perilaku, aktual dan potensial
yang dapat membawa kecakapan oleh karena usaha dalam diri anak. Belajar juga
dipengaruhi oleh faktor dari dalam diri anak (introvert) atau dari luar
diri anak (extrovert). Setiap
pelajaran yang diberikan pada anak 4-5 tahun disesuaikan dengan perkembangan dan
kemampuan pada diri anak.
Melalui kegiatan bermain yang mengandung edukasi,
daya pikir anak terangsang untuk merangsang perkembangan emosi, perkembangan
sosial dan perkembangan fisik. Setiap anak memiliki irama dalam bermain yang
berlainan disesuaikan dengan perkembangan anak. Semakin besar fantasi yang bisa
dikembangkan oleh anak dari sebuah mainan, akan lebih lama mainan itu menarik
baginya.
Bermain dari segi pendidikan adalah permainan yang
memberi peluang kepada anak untuk berswakarya, untuk melakukan dan menciptakan
sesuatu dari permainan itu dengan tenaganya sendiri. Kegiatan bermain dapat
dilakukan di dalam dan di luar. Contohnya bermain di dalam ruangan dan bermain
di tanam bermain keduanya mengajak anak untuk mengenal lingkungan sekitarnya.
Permainan edukatif itu penting bagi anak-anak, disebabkan karena:
Permainan edukatif itu penting bagi anak-anak, disebabkan karena:
1.
Permainan
edukatif dapat meningkatkan pemahaman terhadap totalitas kediriannya. Artinya
dengan bermain sesungguhnya anak sedang mengembangkan kepribadiannya.
2.
Permainan
edukatif dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi
3.
Permainan
edukatif dapat meningkatkan kemampuan menciptakan hal-hal baru.
4.
Permainan
edukatif dapat meningkatkan kemampuan berpikir anak
5.
Permainan
edukatif dapat mempertajam perasaan anak
6.
Permainan
edukatif dapat memperkuat rasa percaya diri anak
7.
Permainan edukatif
dapat merangsang imajinasi anak
8.
Permainan
edukatif dapat melatih kemampuan berbahasa anak
9.
Permainan
edukatif dapat melatih motorik halus dan motorik kasar anak
10. Permainan edukatif dapat membentuk moralitas anak
11. Permainan edukatif dapat melatih keterampilan anak
12. Permainan edukatif dapat mengembangkan sosialisasi
anak
13. Permainan edukatif dapat membentuk spiritualitas
anak
Mengingat demikian
pentingnya permainan edukatif, selayaknya orang tua di rumah atau guru di
sekolah dapat memilih dan menyediakan alat-alat yang dapat mendukung
perkembangan totalitas kepribadian anak, yang menyangkut fisik, intelektual,
sosial, moral dan emosional anak.
Dalam memilih dan menentukan alat-alat permainan yang dianggap dapat mendidik tersebut, orang tua dan guru dituntut bijak dalam membelanjakannya, sebab tidak semua alat yang harganya mahal dan dicap "modern" itu bersifat mendidik, bisa jadi hanya akan menanamkan mental instant dan konsumtif kepada anak. Sumber: Andang Ismail: Education Games, (Yogyakarta: Pilar Media, 2006)
Dalam memilih dan menentukan alat-alat permainan yang dianggap dapat mendidik tersebut, orang tua dan guru dituntut bijak dalam membelanjakannya, sebab tidak semua alat yang harganya mahal dan dicap "modern" itu bersifat mendidik, bisa jadi hanya akan menanamkan mental instant dan konsumtif kepada anak. Sumber: Andang Ismail: Education Games, (Yogyakarta: Pilar Media, 2006)
TAZAKA EDU TOYS adalah usaha yang bergerak di bidang
produk mainan anak langsung ke anda baik orangtua maupun guru, karena alat
permainan sangat penting untuk membantu perkembangan anak. Penggunaan alat
bermain dalam dunia anak akan membantu meningkatkan kemampuan anak dalam
keterampilan motorik halus dan kasar; mengembangkan modalitas sensoris melalui
warna, tekstur, dalam berbagai ragam alat permainan; melatih problem
solving, dan juga melatih kemampuan sosial dan emosional anak. TAZAKA EDU
TOYS menyediakan berbagai alat permainan edukatif dengan bahan dasar kain
flanel yang dirancang aman bagi anak. Alat permainan yang kami produksi
bervariasi sehingga dapat dimanfaatkan untuk menstimulasi aspek kognitif,
psikomotorik maupun emosi dan sosial anak sesuai tahap perkembangannya. Konsep
Tazaka Edu Toys adalah mengadopsi metode Glann Dolman, sebuah metode
mengajarkan pada anak secara menyenangkan melalui permainan, sehingga anak
tidak merasa terpaksa belajar, jenuh, bahkan tidak merasa belajar karena
pelajaran disusun melalui acara bermain sesuai dunia mereka.
Pendapat Kak
Seto tentang metode Glenn Doman (Ketua komnas perlindungan anak )
“Teori
metode Glenn Doman sudah banyak diakui yang mampu membuat anak dapat mulai
membaca diusia awal karena diberikan pada nuansa yang menyenangkan dan tidak
ada unsur paksaan pada nuansa anak bermain, dan saya sudah membuktikan pada
anak saya sendiri. Jadi yang paling yang terpenting bukan demi ambisi orang tua
tapi justru demi kepentingan terbaik bagi anak
untuk memenuhi hak untuk bertumbuh dan berkembang secara optimal.
Melalui metode Glenn Doman yang sudah pernah saya praktekan kan dengan anak
saya sendiri itu terbukti pada umur 1 tahun bayi bisa membaca 1 huruf, lalu
umur 2 tahun bisa membaca 1 kalimat dan umur 3 tahun sudah bisa membaca sebuah buku dengan tulisan atau huruf-huruf yang cukup
besar yang mampu dipresepsikan disesuaikan dengan bayi. Dengan hal ini
anak-anak akan senang pada buku, mulai mengembangkan minat baca karena sudah
menguasai kemampuan membaca sejak awal dengan cara-cara yang sudah tepat
melalui metode Glenn Doman“
III. VISI dan MISI
Visi :
‘‘Menjadi
usaha yang mampu berkontribusi untuk meningkatkan minat belajar anak dengan
cara bermain sehingga dapat menstimulasi aspek kognitif, psikomotorik maupun
emosi dan sosial anak sesuai tahap perkembangannya’’
Misi :
Menyediakan
Alat Peraga Edukatif dengan bahan flanel yang aman bagi anak sebagai bahan ajar
mengenal kosakata
anggota keluarga, melatih logika, dan melatih gerak motorik halus.
II. PRODUK DAN HARGA
Harga produk, fungsi dan gambar
terlampir:
Keterangan : Semua produk Tazaka Edu Toys menggunakan bahan dasar kain Flanel ( Felt ) yang bertekstur lembut dan kaya akan warna serta
aman digunakan oleh anak-anak. Bisa dicuci dan dikeringkan,
sehingga tidak mudah rusak dan dapat digunakan kembali.
III. ALUR PEMBELIAN
Setiap
pelanggan dapat menikmati layanan kami dengan berbagai macam cara yang akan
memudahkan pelanggan dan merasakan layanan prima dari kami untuk mendapatkan
produk kami. Alur pembelian produk adalah:
1.
Datang Langsung
Bagi
pelanggan sekitar kota Brebes, pelanggan dapat datang langsung toko kami untuk
melakukan proses transaksi. Jika Produk memadai pembelian dapat dilakukan
langsung, namun jika produk yang diminati kurang dari jumlah yang ingin dibeli,
pelanggan bisa memesan nya terlebih dahulu, dengan memberikan DP minimal 10%
dari harga produk yang dipesan sampai adanya kesepakatan. Alamat kami di : Jalan Abimanyu Rt 01. Rw 01 No 23 (samping IEC
Jatibarang), Jatibarang kidul Brebes
2.
Pemesanan Via Telepon
Pelanggan
dapat menghubungi kami melalui pesawat telepon yang kami miliki dengan
menyampaikan identitas dan juga pesanan yang akan ditransaksikan beserta
tanggal pengambilannya, kemudian untuk memudahkanya, kami akan datang ke tempat
atau kantor bapak jika barang yang dipesan dalam jumlah banyak.
Contact Person kami : Bapak Ibnun
3 : 08975853711
Im3 : 085642885448
As : 085292517159
IV. PENUTUP
Demikian
proposal penarawan ini kami buat. Atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan
terima kasih. Semoga kita dapat menjalin hubungan kerjasama yang lebih baik
disaat ini dan dimasa depan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silahkan Order dengan menulis di Koment